Sifat mahasiswa yang tidak disukai dosen pembimbing

Sifat mahasiswa yang tidak disukai dosen pembimbing – Kalau kamu mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan skripsi, tentunya kamu akan akrab dengan manusia yang satu ini, namanya dosen pembimbing.

Sifat mahasiswa yang tidak disukai dosen pembimbing

Dosen Pembimbing skripsi merupakan dosen yang ditunjuk atau ditugaskan fakultas untuk membantu anda mengerjakan tugas akhir ataupun sering disebut skripsi. kenapa mahasiswa yang sedang skripsi perlu dosen pembimbing? agar mahasiswa tersebut dapat arahan yang baik untuk penyelesaian tugas akhir tepat waktu dengan hasil yang maksimal.

Dikampus, kami sebagai dosen sering sharing atau cerita-cerita mengenai karakteristik atau sifat dari masing-masing mahasiswa yang mereka pembimbing. ada dosen yang senang banget mendapatkan mahasiswa cerdas dan mudah memberikan arahan. dan ada dosen lain yang sepertinya tersiksa (hehe) mendapatkan mahasiswa bimbingan yang sikapnya aneh-aneh.

Dari sharing tersebut saya coba merangkum Sifat mahasiswa yang tidak disukai dosen pembimbing, yuk simak :

1. Mahasiswa yang tidak tepat waktu / Tidak On Time

Pengalaman saya sebagai dosen, ada beberapa mahasiswa yang memiliki sifat tidak tepat waktu. sebagai dosen pembimbing saya cukup memudahkan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan saya. contohnya jika mahasiswa ingin bimbingan cukup mereka meng-chat saya.

Tetapi dengan kemudahan yang diberikan, tidak dimanfaatkan dengan baik. mahasiswa tersebut, datang tidak sesuai dengan perjanjian saat chat tersebut. tentunya sebagai dosen saya merasa kurang suka dengan mahasiswa yang memiliki sikap seperti ini.

2. Mahasiswa Ngeyel dan Keras Kepala

Tentunya, dengan banyak mahasiswa bimbingan, saya juga mendapati mahasiswa yang ngeyel dan keras kepala. saya pribadi tidak memakemkan bahwa mahasiswa bimbingan saya mengikuti cara saya. tetapi jika ada perbaikan tentunya saya sudah mengetahui skripsi yang dikerjakan mahasiswa saya itu salah dan saya memberikan arahan. tetapi dengan membimbing mahasiswa yang memiliki sikap diatas, tentunya arahan saya tidak selalu di indahkan.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Koding simpan data dengan java dan RDBMS MYSQL
3. Mahasiswa Tidak mau mendengarkan saran dari pembimbingnya

Sifat atau sikap mahasiswa pada poin ketiga ini mirip dengan poin ke 2. mahasiswa seperti ini biasaya bersikeras bahwa pendapat dan tulisan dia lah yang paling benar. ketika kami berdiskusi jarang sekali mahasiswa yang memiliki argumen yang pas serta referensi yang baik.

4. Mahasiswa Tidak pandai mengatur waktu

Mahasiswa seperti ini kurang saya sukai, karena jika mahasiswa tersebut tidak pandai mengatur waktu akan berdampak dengan banyak hal. tentunya yang pertama skripsinya akan terhambat, menghambat juga pekerjaan dosen pembimbing. serta banyak hal lainnya.

5. Mahasiswa yang mengerjakan skripsi asal-asalan

ada mahasiswa yang seperti ini yang sering saya temui, mahasiswa seperti ini biasanya mengerjakan skripsi asal-asalan dan berharap akan di bantu di perbaiki oleh dosen pembimbing. 

6. Mahasiswa yang sering membandingkan antara dosen satu dengan yang lain

Saya beberapa kali mendapati mahasiswa yang sering membandingkan antara dosen satu dengan yang lain. walaupun itu bukan mahasiswa bimbingan saya. mereka bercerita kalau dibimbing dosen A lebih susah dibandingan dengan dosen B. walaupun mereka berceritanya ke dosen C

7. Mahasiswa yang malas mengerjakan skripsi

Mahasiswa malas disini maksudnya adalah saat waktu bimbingan mereka tidak pernah datang untuk bimbingan, dan saat keluar jadwal sidang mereka berdatangan dan berharap untuk di acc.

8. Mahasiswa yang tidak sopan

Tentunya sifat seperti ini bakal tidak disukai, baik anda sebagai mahasiswa maupun anda bukan sebagai mahasiswa.

9. Mahasiswa yang suka memaksa dosen untuk ACC Skripsi

Ada mahasiswa yang seperti ini? jawabanya ada..dan biasanya alasan klasik yang mereka berikan adalah sudah lama jadi mahasiswa atau udah ga bisa bayaran lagi spp disemester depan serta hal-hal lain yang menyedihkan. tetapi maaf teman-teman mahasiswa..anda ga bisa untuk memaksa dosen untuk acc skripsi anda tanpa proses yang baik.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tips Lulus Kuliah tepat waktu di Kampus
10. Tidak ada progress

Mahasiswa seperti ini kadang bikin sakit kepala dosen pembimbingnya. karena mahasiswa seperti ini jarang bertemu untuk bimbingan, sekalinya bertemu tidak ada progres di skripsinya

11. Mahasiswa malas belajar

Tentunya malas sifat yang tidak disukai semua orang. karena sifat malas berasal dari setan.

12. Mahasiswa yang suka menggampangkan skripsi

Ada mahasiswa seperti ini, bahwa skripsi seperti latihan atau ujian akhir yang dapat dipelajari semalam saja. skripsi berbeda dengan hal tersebut.

13. Mahasiswa yang tidak punya semangat ngerjain skripsi tetapi semangat lulus.

Aneh memang, tetapi mahasiswa seperti ini ada teman-teman. lulus mau, ngerjain skripsi ga mau hahha

Lebih Lengkap dapat di Tonton di channel saya ya :

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

2 thoughts on “Sifat mahasiswa yang tidak disukai dosen pembimbing

  • March 10, 2020 at 3:57 pm
    Permalink

    Bagaimana jika skripsi saya sudah banyak yang buat.. apa yang harus saya lakukan. Mohon pencerahannya

    Reply
    • March 16, 2020 at 11:56 am
      Permalink

      Cari judul yang lain, atau modifikasi judul tersebut dengan alat tools penyelesaian yang baru

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.