//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Blog Seputar Dosen, Mahasiswa,Kampus dan sisi lain seorang Dosen

Informasi

Pura agung besakih salah satu destinasi wisata di pulau bali

Pura agung besakih salah satu destinasi wisata di pulau bali Bali memiliki sebutan pulau dewata dan surganya para pelancong atau wisatawan dalam dan luar negeri. Dengan memiliki pesona alam yang indah dan lengkap seperti destinasi laut, pegunungan ataupun tempat bersejarah, menjadikan Bali sebagai salah satu kota utama yang selalu akan di kunjungi.

Tiket masuk Pura Agung Besakih Bali

Salah satu tempat destinasi yang saya kunjungi pada saat ke Bali adalah Pura Agung Besakih, tulisan ini agak sedikit repost, karena hampir 2-3 bulan yang lalu saya ke Bali tepatnya di bulan September 2017. ceritanya memang sudah di rencakanan oleh beberapa sahabat yang mendapatkan tiket promo dari salah satu maskapai penerbangan.

Pura besakih atau sering di sebut dengan besakih temple merupakan tempat beribadah agama hindu terbesar di Bali. Pura besakih terletak di daerah Karangasem Bali. Dengan naik mobil dari penginapan di kute, kami menempuh perjalanan yang cukup lama sekitar 2 – 3 jam perjalanan. saya agak lupa untuk jarak tempuh nya sendiri.

Tetapi dengan perjalanan yang cukup melelahkan (bagi driver temen saya), keletihan dan kelelahan kamipun terbayar dengan di sambutnya cuaca dingin di area pura besakih. dan saat itu pun hujan gerimis sudah mulai berdatangan.

Sampai di area pura besakih, kemudian kami memarkirkan mobil di tempat yang di sediakan, Kemudian kami menuju ke satu posko tempat pembelian tiket masuk. harga tiket masuk untuk wisatawan lokal ke pura besakih sebesar Rp. 40.000 (september 2017), biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya ojek ke pura besakih, karena jalan menanjak dan juga fee pemandu wisata (di luar tips).

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Syarat dan tata cara pengurusan pernikahan di KUA Bandar Lampung

Setelah mendapatkan tiket, kami diberikan kain yang digunakan untuk menutupi sebagian aurat kami (hehe), sama halnya seperti kita ke candi borobudur ataupun candi yang lain, karena menurut pemandu wajib memasuki area suci memakai kain dan sebaiknya wanita yang sedang halangan tidak memasuk kawasan pura.

Kami ditemani oleh seorang pemandu wisata, dengan ramah beliau melayani perjalanan kami. tugas pertama si bli adalah mengambil foto kami, dengan ala-ala gaya orang hindu, kamera pertama mulai di mainkan oleh si Bli.

Pura agung besakih salah satu destinasi wisata di pulau bali
Foto di depan pura besakih

Kemudian kami mulai melangkah ke pura yang luas nya sekitar 3 kilometer, dengan memiliki 18 pura, 1 pura pusat besakih (penataran agung besakih) dan 17 pura lainnya. saya mulai mendengarkan dengan seksama si bli mulai menceritakan sejarah tentang pura besakih.

Dan pada saat disana, kebetulan sedang ada peribadahan di pura besakih. katanya si bli ada penghormatan bagi orang yang sudah meninggal disana. upacaranya sangat kental dengan nuansa hindu, ya iyalah kan di pura. Selanjutnya kami mendaki dan melihat-lihat pura besakih sambil mendengarkan si bli bercerita tentang sejarah.

Pada saat saya berjalan, saya di hampir anak perempuan bali dan menawarkan barang dagangannya, salah satunya adalah foto. yaitu foto pura besakih, gunung agung dan lain-lain. dengan nada memaksa, saya di tawari foto tersebut, dengan alasan untuk biasa sekolah dengan rasa yang tidak tega akhirnya saya membeli foto tersebut 3 lembar Rp. 15.000 dengan syarat kita foto bareng. si adek meng-iyakan..

Pura agung besakih salah satu destinasi wisata di pulau bali
Foto mas-mas penjual tahu gejrot

Lebih mirip tukang pijit tuna netra sebenarnya hehe..tapi ga apalah, kemudian kami naiki lagi tangga demi tangga. akhirnya kami sampai di area terakhir di pura besakih yang bisa di kunjungi oleh wisatawan. pada saat itu kondisi cuaca sedang mendung jadi tak tampak background dari pura besakih, yah background nya adalah gunung agung yang sedang ramai di berita karena sedang posisi aktif.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Papua kota mutiara hitam yang Indah

Dan lebih mencengangkan saya lagi, pemandu wisata tersebut merupakan putra daerah di sekitar pura besakih dan memiliki kemampuan berbahasa masing-masing. jika ada turis dari prancis sudah ada pemandu yang bisa berbahasa prancis, begitupun turis jepang, korea dan lainnya. keren ya

Setelah berjalan cukuplah, waktunya kami turun. energi sudah mulai menipis terasa naik dan turun sama saja, terakhir kami mengucapkan terimakasih kepada pemandu wisata kami dan kami memberikan fee Rp.100.000 untuk waktunya menemani kami. karena kalau saya lihat dari tiket masuk fee pemandu wisata hanya Rp. 4000.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Bali tidak salah untuk berkunjung ke Pura agung besakih salah satu destinasi wisata di pulau Bali.

Visited 1 times, 1 visit(s) today

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini