Tips cara mengatasi gugup diruang sidang skripsi Mahasiswa

Tips cara mengatasi gugup diruang sidang skripsi – Sidang skripsi merupakan tahap ujian terakhir ketika seorang mahasiswa menempuh perkuliahan starta 1 (S1). banyak dari mahasiswa yang waktu lulusnya agak terganggu dikarenakan sidang skripsi ini, dan sebagai mahasiswa harus mempersiapkan sidang skripsi ini dengan sebaik-baiknya.

Cara mengatasi gugup saat sidang skripsi

Tips cara mengatasi gugup diruang sidang skripsi

Dan jika persiapan yang dilakukan sudah baik, kemudian muncul rasa baru yaitu rasa gugup, nerfes, takut, ngeblank pada saat sidang skripsi pun tidak dapat di elakan kembali.

Pada tulisan saya kali ini saya akan berbagi tips cara mengatasi gugup diruang sidang skripsi dan tentunya itu sumbernya merupakan pengalaman dari saya sendiri.

Oke langsung aja kita bahas tips cara mengatasi gugup diruang sidang skripsi :

1.Mulai belajar berbicara di depan orang banyak

Mulai lah membiasakan diri untuk berbicara didepan kelas pada saat kuliah ataupun anda dapat mengikuti organisasi-organisasi yang biasanya dalam organisasi tersebut anda dituntut untuk dapat berbicara didepan kelas.

2. Kuasai materi

Materi merupakan senjata terbaik kamu untuk menghilangkan rasa gugup pada saat sidang skripsi, salah satu faktor kamu gugup pada saat sidang skripsi adalah anda tidak menguasai materi tersebut.

3. Kuasai ruang ujian atau panggung

Menguasai ruangan tentunya bukan faktor utama, tetapi minimal anda mengetahui karakteristik dari ruangan tersebut dari masalah teknis misalnya keadaan lcd proyektor, suhu ac dan lain-lain. pastikan anda dapat nyaman dalam ruangan tersebut.

4. Siapkan hardcopy, softcopy atau catatan penting

Dengan menyiapkan segala hal pada saat sidang skripsi tentunya akan mengurangi rasa gugup anda. misalkan anda menyiapkan Siapkan hardcopy, softcopy atau catatan penting sehingga pada saat ditanya oleh dewan penguji anda tidak kewalahan untuk mencari jawaban. 

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Ebook materi android untuk pemula untuk referensi
5. Back up data

Back up data skripsi anda secara berkala dan sebaiknya dalam sidang skripsi anda membawa beberapa back up. karena kita tidak tahu secara teknis apa masalah yang akan kita hadapi. misalkan laptop error dan lainnya. jika kamu membawa back up dapat mengurangi kepanikan. anda juga dapat memback up data di Email.

6. Kenali karakteristik Dosen Penguji

Dengan mengetahui karakteristik dosen penguji tentunya anda dapat membuat startegi tertentu. dan anda juga dapat menyiapkan diri anda secara baik.

7. Perhatikan penampilan saat sidang

Penampilan bukanlah faktor penilaian skripsi. tetapi dengan memiliki penampilan yang baik kamu dapat memberikan aura positif kepada dosen penguji, sehingga kamu dapat berharap dosen penguji mengeluarkan hal positif juga. hehe

8. Berdoa 

Dan tentunya sebagai manusia biasa sebaiknya untuk mengawali segala kegiatan anda dapat berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan anda. secara batin anda akan lebih tenang.

Demikianlah artikel singkat saya mengenai Tips cara mengatasi gugup diruang sidang skripsi semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.